Sabtu, 22 Juli 2017

Game Puzzle Dengan Menggunakan Arduino - BAB 5

BAB 5
PENUTUP

5.1 Kesimpulan
Arduino merupakan pengendali mikro single-board yang bersifat open-source, diturunkan dari Wiring platform, dirancang untuk memudahkan penggunaan elektronik dalam berbagai bidang. Hardwarenya memiliki prosesor Atmel AVR dan softwarenya memiliki bahasa pemrograman sendiri.
Hardware Arduino diprogram menggunakan bahasa pemrograman C/C++, yang sudah disederhanakan dan dimodifikasi. Arduino mengikuti pola pemrograman Wiring(syntax dan library). Sementara untuk editor pemrograman nya (IDE – Intergrated Development Enviroment) dikembangkan dari Processing.
Game Puzzle yang dihubungkan dengan perangkat Arduino membutuhkan lempengan tembaga yang digunakan sebagai sensor yang diletakan di atas alas puzzle yang mengenai semua bagian puzzle. Cara kerjanya yaitu jika semua bagian puzzle sudah tersusun dengan rapi maka lempengan tembaga menerima sensor yang membuat waktu yang berjalan sebagai penghitung lamanya seseorang bermain puzzle tersebut menjadi berhenti. Untuk memulai kembali permainan puzzle waktu dapat direset dengan menggunakan perangkat Arduino.

5.2 Saran
Pada dasarnya penulisan makalah ini jauh dari sempurna, banyak kekurangan baik yang disengaja ataupun tidak. Maka dibutuhkan saran untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan yang ada tentunya bagi penulis serta untuk membuat penulisan yang lebih baik lagi ke depannya.

Perkembangan teknologi mikrokontroler yang sangat pesat mengharuskan kita memilih sistem minimum yang tepat guna menunjang fleksibilitas kita dalam menyikapi perkembangan ini. Sistem minimum Arduino yang bersifat open source dapat digunakan siapa saja dan dapat dikembangkan seperti keinginan kita sendiri tanpa harus ada tekanan legalitas ataupun lisensi dari perusahaan pemegang lisensi tersebut. Dan semua kembali kita sendiri mau memakai sistem minimum yang seperti apa.
Posted on by Unknown | No comments

0 komentar:

Posting Komentar