KATA
PENGANTAR
Puji
syukur kita panjatkan bagi Tuhan Yang Maha Esa yang senantiasa
memberikan kemudahan dalam menyelesaikan segala urusan hingga kami
mampu menyelesaikan buku “Game Puzzle Dengan Menggunakan Arduino”
yang diberikan tugas kepada kami Oleh Bapak Dr. rer. nat. I Made Wiryana, SKom, SSi, MAppSc.
Terima
kasih yang sedalam-dalamnya kepada seluruh anggota kelompok kami dan
partisipasi yang dengan sabar dan ikhlas memberi dukungan jasmani
dan rohani dalam setiap tahapan proses pembuatan buku ini. Buku ini
merupakan buku panduan materi bagi mahasiswa/i dan merupakan panduan
dalam mempelajari bidang desain khususnya mengenalkan konsep-konsep
awal desain Pemodelan Grafik.
Penulis
menyadari bahwa buku ini masih jauh dari sempurna, masih sangat
banyak kekukarangan dari penjelasan materi, gambar, maupun
percetakannya. Disamping kesalahan-kesalahan tersebut, susunan dan
isi buku ini pun masih belum memadai, karena itulah segala kritik dan
saran yang membangun sangat diharapkan. Semoga buku ini dapat
bermanfaat bagi yang membaca.
Depok,
December 2016
Penyusun
BAB
1
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Perkembangan
teknologi sangat berpegaruh terhadap perkembangan game, dimana
perubahannya akhir-akhir ini makin pesat berkembang. Pada sekitar
awal dekade 80-an, sebenarnya sudah ada persaingan ketat antar
perusahaan game dalam memasarkan produknya. Game yang populer dengan
nama video game ini hanya bisa dimainkan oleh satu atau dua orang
pemain pada sebuah console. Pesawat televisi dibutuhkan sebagai media
tampilan. Jenis game-nya juga masih sangat sederhana dengan grafik
yang sangat kasar. Tampilannya mirip seperti game dari bahasa program
Java, yang bisa dimainkan di handphone sekarang ini. Perusahaan game
yang terkenal pada saat itu adalah Atari, Sega dan Nintendo.
Video
game atau Console game ini adalah sebuah bentuk dari multimedia
interaktif yang digunakan untuk sarana hiburan. Game ini dimainkan
dengan menggunakan sebuah alat yang bisa digenggam oleh tangan dan
tersambung ke sebuah kotak alat atau console. Alat yang digenggam
tangan tadi dikenal dengan nama joystick. Isinya adalah beberapa
tombol-tombol sebagai kontrol arah maju, mundur, kiri dan kanan,
dimana fungsinya adalah untuk berinteraksi dan mengendalikan
gambar-gambar di layar pesawat televisi. Game ini juga biasanya
dimainkan dengan memasukan sebuah keping CD yang bisa diganti-ganti
atau cartridge yang harus dimasukkan ke dalam game console.
1.2
Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang
diatas, maka penulis memberikan perumusan masalah khususnya yang
berkenaan dengan Game Puzzle Dengan Menggunakan Adruino. Untuk itu
penulis merumuskan masalah, sebagai berikut :
- Bagaimana penjelasan tentang game?
- Bagaimana penjalasan tentang teknologi game?
- Bagaimana penjelasan tentang Adruino?
- Bagaimana pemanfaatan perangkat Adruino terhadap game puzzle?
1.3
Tujuan
Berdasarkan rumusan
masalah diatas, maka yang menjadi tujuan pembahasan dalam buku ini
adalah sebagai berikut:
- Untuk mengetahui apa penjelasan tentang game secara luas.
- Untuk mengetahui apa penjelasan teknologi game secara luas.
- Untuk mengetahui perangkat adruino secara luas.
- Untuk mengetahui pemanfaatan perangkat adruino terhadap pembuatan game.
0 komentar:
Posting Komentar