Sabtu, 22 Juli 2017

Game Puzzle Dengan Menggunakan Arduino - BAB 1



KATA PENGANTAR

Puji syukur kita panjatkan bagi Tuhan Yang Maha Esa yang senantiasa memberikan kemudahan dalam menyelesaikan segala urusan hingga kami mampu menyelesaikan buku “Game Puzzle Dengan Menggunakan Arduino” yang diberikan tugas kepada kami Oleh Bapak Dr. rer. nat. I Made Wiryana, SKom, SSi, MAppSc.
Terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada seluruh anggota kelompok kami dan partisipasi yang dengan sabar dan ikhlas memberi dukungan jasmani dan rohani dalam setiap tahapan proses pembuatan buku ini. Buku ini merupakan buku panduan materi bagi mahasiswa/i dan merupakan panduan dalam mempelajari bidang desain khususnya mengenalkan konsep-konsep awal desain Pemodelan Grafik.
Penulis menyadari bahwa buku ini masih jauh dari sempurna, masih sangat banyak kekukarangan dari penjelasan materi, gambar, maupun percetakannya. Disamping kesalahan-kesalahan tersebut, susunan dan isi buku ini pun masih belum memadai, karena itulah segala kritik dan saran yang membangun sangat diharapkan. Semoga buku ini dapat bermanfaat bagi yang membaca.

Depok, December 2016

Penyusun















BAB 1
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Perkembangan teknologi sangat berpegaruh terhadap perkembangan game, dimana perubahannya akhir-akhir ini makin pesat berkembang. Pada sekitar awal dekade 80-an, sebenarnya sudah ada persaingan ketat antar perusahaan game dalam memasarkan produknya. Game yang populer dengan nama video game ini hanya bisa dimainkan oleh satu atau dua orang pemain pada sebuah console. Pesawat televisi dibutuhkan sebagai media tampilan. Jenis game-nya juga masih sangat sederhana dengan grafik yang sangat kasar. Tampilannya mirip seperti game dari bahasa program Java, yang bisa dimainkan di handphone sekarang ini. Perusahaan game yang terkenal pada saat itu adalah Atari, Sega dan Nintendo.
Video game atau Console game ini adalah sebuah bentuk dari multimedia interaktif yang digunakan untuk sarana hiburan. Game ini dimainkan dengan menggunakan sebuah alat yang bisa digenggam oleh tangan dan tersambung ke sebuah kotak alat atau console. Alat yang digenggam tangan tadi dikenal dengan nama joystick. Isinya adalah beberapa tombol-tombol sebagai kontrol arah maju, mundur, kiri dan kanan, dimana fungsinya adalah untuk berinteraksi dan mengendalikan gambar-gambar di layar pesawat televisi. Game ini juga biasanya dimainkan dengan memasukan sebuah keping CD yang bisa diganti-ganti atau cartridge yang harus dimasukkan ke dalam game console.

1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas, maka penulis memberikan perumusan masalah khususnya yang berkenaan dengan Game Puzzle Dengan Menggunakan Adruino. Untuk itu penulis merumuskan masalah, sebagai berikut :
  1. Bagaimana penjelasan tentang game?
  2. Bagaimana penjalasan tentang teknologi game?
  3. Bagaimana penjelasan tentang Adruino?
  4. Bagaimana pemanfaatan perangkat Adruino terhadap game puzzle?

1.3 Tujuan
Berdasarkan rumusan masalah diatas, maka yang menjadi tujuan pembahasan dalam buku ini adalah sebagai berikut:


  1. Untuk mengetahui apa penjelasan tentang game secara luas.
  2. Untuk mengetahui apa penjelasan teknologi game secara luas.
  3. Untuk mengetahui perangkat adruino secara luas.
  4. Untuk mengetahui pemanfaatan perangkat adruino terhadap pembuatan game. 
Posted on by Unknown | No comments

0 komentar:

Posting Komentar